Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bisnis

Cara Grafting Entres Pada Cutting Atau Batang Anggur Besar Untuk Di Stek

caption

Cara Grafting Entres Pada Cutting Atau Batang Anggur Besar Untuk Di Stek- Hallo gusy selamat datang kembali di terbaru.coid senang sekali saya bisa update artikel terbaru kali ini, saya ingin berbagi tutorial bagaimana cara melakukan stek batang besar sekaligus digrafting dengan menggunakan entres anggur import.

Di sini ada dua perpaduan tehnik dimana memadukan batang bawah dari anggur lokal dengan tehnik stek yang berukuran besar sedangkan batang atas yang akan kita grafting merupakan varietas anggur import kenapa harus digabungkan?

Batang bawah merupakan anggur lokal mempunyai kelebihan salahsatunya mempunyai perakaran yang kuat kemudian mempunyai perakaran yang tahan terhadap basah jika dibandingkan dengan anggur import.

Namun anggur lokal mempunyai kelemahan karena mempunyai rasa buah yang kurang baik sedangkan anggur import mempunyai kelebihan anggur import mempunyai buah yang bagus tetapi mempunyai kekurangan pada perakaran yang kurang tahan terhadap basah kedua kelebihan yang dimiliki kedua jenis anggur ini bisa disatukan dengan menggunakan tehnik okulasi secara langsung dulu.

Untuk melakukan okulasi kita harus tumbuhkan stek terlebih dahulu jika tunasnya dusah besar, lalu kita lakukan okulasi ternyata, cara seperti ini memakan waktu lama dan kurang efektif di luar negara indonesia sudah ada tehnik grafting anggur sekaligus stek atau stek sekaligus grafting menggunakan batang tua dengan batang tua tetapi di negara indonesia sendiri kita biasa melakukan stek sekaligus okulasi dengan menggunakan batang besar atau batang tua dengan entres seperti itu gusy sebelum videonya dilanjutkan, buat teman teman yang ingin tau cara memanam anggur dari stek teman teman bisa tonton videonya di channel ini ya..

Cara Grafting Entres Batang Anggur

Oke gusy, mari kita lanjutkan alat dan bahan yang kita gunakan pertama, stek batang anggur yang berukuran besar semakin besar ukuran semakin bagus bahan berikutnya yang diperlukan adalah entris cutter untuk menyayat grafting tape untuk mengikat lalu parafilm oke gusy, pisau yang kita gunakan harus steril jadi.

Mata pisau akan saya ganti terlebih dahulu dengan menggunakan mata pisau yang baru oke baik, saya akan pilih cuttingnya dulu sayat selanjutnya ambil entres entres yang digunakan, cukup satu mata tunas saja selanjutnya sisipkan entres seperti ini jangan lupa graftingan yang kita lakukan harus berada di bagian atas cutting jangan pada bagian bawah.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Selanjutnya kita ikat menggunakan grafting tape bagian atas, harus ditutup supaya tidak ad penguapan seperti inilah hasilnya selanjutnya bagian entres ditutup bungkus menggunakan parafilm seperti ini hasilnya guys lalu cuttingnya ditancapkan seperti biasa saja seperti melakukan stek cutting pada umumnya baiklah guys jika teman teman sedikit kesulitan dengan cara yang saya lakukan anda bisa lakukan cara seperti ini namun harus hati hati jangan sampai mengenai tangan potong entres.

Selanjutnya disisipkan pada sayatan tadi posisikan disamping agar kedua kambium bertemu selanjutnya penempatan posisi agak menyamping agar kambium entres dengan cutting bertemu selanjutnya diikat sampai semua tertutup terutama bagian unjung agar mengurangi penguapan setelah preses sambungan selesai saya lakukan sedikit tritment menggunakan root up.

Untuk merangsang pertumbuhan akar selanjutnya tanam cutting seperti biasa baiknya satu gelas berisi satu cutting selain karena tidak cukup ruang juga untuk memudahkan saat proses pemindahan bibit atau repoting ke media tanam baru setelah 10 hari preses penanaman, begini kondisinya dan ini usia bibitnya sudah satu bulan jadi sekarang saya akan memindahkan bibit ini ke dalam media tanam baru yang lebih besar tentunya agar pertumbuhannya tidak terhambat sebelum dipindahkan ke media tanam yang baru saya akan ganti ikatannya menggunakan parafilm pertanyaannya adalah.

Kenapa perlu diganti?? ikatan okulasi yang saya gunakan menggunakan grafting tape dengan bahan dasar adalah pelastik sehingga grafting tape tidak akan sobek dengan sendirinya untuk itu perlu diganti dengan menggunakan tali lain.

Penggantian tali ini agar okulasi yang belum menempel sempurna bisa tetap aman karena pada usia grafting seperti ini grafting akan sangat rawan retak tujuan selanjutnya penggantian tali ini adalah agar proses pertumbuhan bibit anggur ini menjadi lebih mudah lagi seperti ini bentuk sambungannya mengingat okulasi ini masih sangat rawan retak jadi saya akan ikat kembali tepat di area ini menggunakan parafilm agar tidak mudah lepas.

Selanjutnya saya memindahkan bibit ini ke dalam media tanam baru agar pertumbuhannya semakin cepat oke guys, terimakasih telah menonton video ini janganlupa klik like jika video ini bermanfaat juga klik tombol subscribe serta nyalakan tombol lonceng notifikasi, agar tidak ketinggalan video terbaru sekali lagi, terimakasih telah menonton sampai jumpa di video selanjutnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Business

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem eum fugiat.

World

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem eum.

Business

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione.

Politics

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa quae.

Advertisement